Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Panduan dan cara melindungi kesehatan tubuh – Saat menjalankan kegiatan yang padat di dalam keseharian, kita butuh melindungi kesehatan supaya terus sehat dan bugar jasmani ataupun rohani. Lantaran di dalam tiap-tiap kegiatan kita yang padat dan di dalam kondisi sehat jadi kita condong akan melupakan perihal melindungi kesehatan untuk rohani ataupun jasmani. Sangat perlu saat menjaga kesehatan kita, lantaran banyak orang di luar sana yang rela berkorban jutaan rupiah cuma lantaran menginginkan kesehatan (maka dari itu dapat disebut sehat itu mahal).


Saat menghadapi pola kita yang kerap lalai melindungi kesehatan, kami akan berikan solusi supaya pola di dalam keseharian kita jadi gaya hidup yang sehat. Kegiatan dan aktivitas tersebut terhitung di dalam penerapan pola hidup sehat, layaknya :

1. Jauhi rutinitas barang candu

Perihal ini yang kerap kita lalaikan di dalam kehidupan lantaran banyak yang berasumsi perihal tersebut adalah perbuatan yang keren. Layaknya pecandu rokok, miras (minuman keras), narkoba, ganja, obat penenang dan lain sebagainya. Padahal di dalam rutinitas tersebut banyak menyebabkan perihal yang negatif.

Pikirkan saja bila kita kecanduan diantara barang haram di atas. Kita akan banyak mengeluarkaan duit yang cuma pingin nikmati barang tersebut. Sama juga kita menimbun banyak penyakit di dalam diri kita. Terlebih bila penyakit tersebut telah menggerogoti tubuh kita, jadi kita akan banyak mengeluarkan duit lagi yang cuma inginkan kesehatan. Benar-benar di dalam waktu dekat-dekat belum berdampak apa-apa walau demikian efek itu bila kita telah udzur atau tua.

Saat menggunakan barang haram tersebut pertama kita akan memperoleh dosa besar, ke-2 dampaknya bukan hanya berdampak di dalam diri kita saja walau demikian orang tua, keluarga, rekan, pacar, atau sekolah. Berusahalah jauhi atau berhenti di dalam kecanduan barang haram ini.

2. Jauhi jalinan seks di luar nikah
Nafsu di dalam perihal ini jadi peran utama. Lantaran nafsu adalah sifat yang dimiliki tiap-tiap orang. Namun ingat jangan sempat hidup untuk nafsu, namun bikinlah nafsu buat bertahan hidup. Seks adalah perihal yang mengasyikkan bagi tiap-tiap orang. Tetapi alangkah terhormatnya bila kita terkait seks saat telah di dalam ikatan pernikahan. Umumnya ngeseks benar-benar disepelekan untuk pasangan yang telah punya kebiasaan mengerjakannya maupun untuk orang yang gampang terangsang tanpa iman yang kuat.

Banyak efek yang akan terjadi di dalam pergaulan bebas ngeseks di luar nikah, layaknya :
  • Hamil di luar nikah dan silelaki lari dari tanggung jawab.
  • Terkena penyakit menular layaknya aids yang tidak ada obatnya.
  • Dosa besar pada Tuhan.
  • Dikucilkan dari pergaulan dan masyarakat.
  • Digrebek polisi/satpol pp/hansip.
  • Dibunuh pacar sendiri, diperkosa, dsb.
  • Ketagihan akan orgasme dan berkembang ke step yang membahayakan.
  • Awal dari aktivitas bodoh nomor 1 di atas.
  • Susah memperoleh jodoh saat akan serius nikah.
  • Berbohong pada orang tua, keluarga, kerabat, rekan, dsb.
  • Dan ada banyak lagi disebabkan buruknya.
Tujuan dari seks buat memperoleh klimaks/orgasme banyak didewakan oleh banyak orang yang tersesat dan mereka akan melacak korban lain buat diajak dan diseret didalam lembah hitam tersebut. Bila berhubungan dengan lawan type ataupun sesama type tanpa ikatan pernikahan baiknya janganlah lihat sisi nikmatnya saja jikalau ngesex, namun tengok sisi negatifnya yang amat banyak. Anda akan jijik mengerjakannya.

3. Makan makanan yang sehat dan cocok aturan

Makanan enak belum pasti sehat. Banyak makanan dan minuman yang berbahaya dan tidak sehat seandainya dikonsumsi. Misalnya layaknya pemakaian boraks dan formalin jadi pengawet makanan dan minuman yang semestinya digunakan buat mengawetkan mayat/jenazah/bangkai.

Jikalau jajan janganlah sembarangan. Belilah makanan dan minuman di area yang bisa terjamin kebersihan/higienitas makanan minuman tersebut. Hati-hati dan senantiasa waspada terhadap apapun yang akan kita masukkan di dalam mulut kita lantaran mungkin minuman atau makanan yang kita beli dan siap disantap tersebut sudah digabung dengan zat beracun yang berbahaya layaknya arsenik, obat tidur, racun serangga, racun tikus, pengawet bukan hanya buat makanan dan minuman, dan lain sebagainya. Tengok pula kebersihan area dan pengolahan dan penentuan bahan baku makanan/minuman.

Janganlah gampang tergoda dengan iklan di tv, radio, surat kabar, majalah, sales, dan lain sebagainya. Kadang-kadang produsen lalu berbohong untuk memperoleh keuntungan yang besar dan bekerja bersama dengan oknum pemerintah supaya tutup mulut.

Makan makanan dan minuman yang bergizi yang sesuai dengan keadaan tubuh, kegiatan dan usia kita. Makan sebelum saat lapar dan berhenti makan sebelum saat kenyang yaitu rutinitas yang baik. Janganlah sempat lupa dengan empat sehat lima sempurna yang kerap kita dengar dari dulu. Makan dengan konsumsi gizi seimbang lantaran apa yang kita makan akan merepresentasikan diri kita di waktu yang akan datang.

4. Melindungi kebersihan diri sendiri dan lingkungan seputar kita
Kebersihan diri sendiri butuh diperhatikan dan dijaga dengan baik lantaran berkenaan/terkait erat dengan tampilan kita di masyarakat umum. Kerapihan dan kebersihan badan layaknya rambut, kuku, wajah, mata, telinga, kulit, mulut, gigi, tangan, kaki, dan lain-lain bisa memberi dampak pada kesehatan tubuh dengan keseluruhan. Jauhi bertukar peralatan mandi, bersolek, kesehatan, baju pribadi dengan orang lain lantaran barangkali bisa menularkan penyakit yang berbahaya.

Pikirkan saja jikalau ada orang sakit gigi akut dapat mengakibatkan dia tidak masuk kantor berhari-hari lantaran rasa sakitnya yang tidak tertahankan. Orang yang mempunyai tampilan dan style yang jorok akan dijauhi dari pergaulan sehari-hari dan akan sukar memperoleh rekan, pacar, jodoh, pekerjaan, keyakinan dan lain-lain.

Jaga kebersihan lingkungan dari sampah dan gangguan penyakit lingkungan lantaran lingkungan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Sampah yang menimbun dan membusuk dapat mengeluarkan bau yang tidak enak , panorama yang kumuh/kotor, bunyi lalat yang beterbangan, nada sumpah-serapah orang yang ada di sekelilingnya, dan lain sebagainya.

Sampah juga dapat jadi sarang penyebar penyakit layaknya tikus yang menyebarkan penyakit leptospirosis lewat kencing tikus dan tipes/tipus. Nyamuk juga dapat menyebarkan bibit plasmodium yang bisa berakibat malaria dan demam berdarah pada seseorang. Lalat yang menebar bakteri dan virus yang mengakibatkan penyakit pencernaan layaknya beri-beri, mencret, diare, dan seterusnya.

Polusi layaknya limbah sampah dan wc tempat tinggal tangga, limbah pabrik, polusi nada, dan polusi selainnya butuh dikerjakan dengan sigap dan terkoordinir dengan baik antar bagian masyarakat di satu lingkungan supaya membuahkan hasil lingkungan bersih, nyaman dan baik

5. Berolah raga dan memeriksakan kesehatan ke dokter dengan berkala
Berolah raga dengan teratur bisa memacu jantung, pernafasan dan peredaran darah jadi semakin baik. Biasakan berolah raga tiap-tiap hari dengan aktivitas yang mudah layaknya berjalan kaki, senam, fitnes, joging, bersepeda, atau lakukan olah raga penuh layaknya main badminton, sepak bola, lari maraton, tenis, bola basket, dan lain sebagainya.

Tak hanya olah raga ada lagi yang tidak kalah pentingnya dengan olah raga yakni periksa kesehatan berkala dengan teratur ke dokter. Fungsi kontrol kesehatan terprogram yaitu supaya penyakit atau kelainan yang timbul dapat terdeteksi dengan lebih cepat hingga penyembuhan lalu tak lagi mengonsumsi banyak cost, waktu dan tenaga.

6. Jauhi stress yang berlebihan lewat cara yang sehat dan halal
Buat menghindari stress dibutuhkan kiat buat masing-masing individu. Carilah cara yang paling baik buat menghilangkan stress lewat cara anda sendiri yang gampang, bisa dilakukan di mana-mana, murah meriah, sehat, halal, dan enak dikerjakan. Misal kegiatan penghilangan stres yaitu layaknya mendengarkan musik yang menurut pribadi enak didengar dan ngilangin beban pikiran yang ada, main video game, main musik, olah raga, bercakap dengan sahabat karib, curhat, maen kartu non judi, pacaran sehat, makan, lakukan jalinan suami isteri/intim dengan pasangan yang sah, nongkrong di wc, jalan-jalan ke mall, nyanyi, main mainan anak kecil, berkebun, mancing, teriak di area sepi, tidur/bobo, dan lain sebagainya.

Intinya di dalam hidup anda yaitu nyantai saja dengan semua problema yang ada. Buat apa sulit (stress), sulit itu tidak ada gunanya. Emosi anda jangan sempat jadi jahat dan menguasai diri anda, karna emosi yang tidak teratasi dan kadang-kadang jadi dendam, sakit hati, dan lain sebagainya yang tampak bodoh untuk orang lain. Ada problem/masalah yang dapat buat anda depresi cuek sajalah, seperti tidak ada kerjaan laen saja.

Tidur yang cukup, dekatkan diri dengan Tuhan, dan melaksanakan program gaya hidup sehat bisa mencegah stres ataupun depresi yang seandainya telah kronis dan kritis dapat jadi gangguan jiwa dan penyakit jiwa yang buat anda merasa tertekan dan malu pada orang banyak. Tanyakan dengan psikolog bila anda mempunyai problem kejiwaan atau orang lain yang anda yakin bila anda malu. Buka hati anda buat terima kritik, masukan dan anjuran dari orang lain dan ubah pola hidup anda bila dibutuhkan untuk kesehatan jiwa/batin anda. (rwa: http://tipsku.info/).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar