Cara Mengatasi Susah Tidur

Sulit tidur pada malam hari dihadapi beberapa orang sekarang ini. Di zaman modern yang serba canggih, waktu tidur sering tersita oleh pekerjaan serta beban pikiran yang menumpuk.


Supaya kegiatan tidur jadi satu ritual yang menyehatkan, sebaiknya anda mengetahui rutinitas yang bikin anda tidur dengan teratur. Di bawah ini merupakan cara menolong anda menangani dan melakukan perbaikan pola tidur jadi lebih sehat.

Kerjakan kegiatan menyehatkan di siang hari
Sebisa-bisanya, sempatkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan layaknya berolahraga di siang hari. Menurut Chris Kline, PhD, ilmuwan dari fakultas kedokteran University of Pittsburgh yang pelajari dampak olahraga pada tidur, lakukan latikan fisik apalagi didalam porsi moderat ditambah dua sesi latihan otot dapat dibuktikan bisa melakukan perbaikan kesusahan tidur. Olahraga bisa kurangi tingkat kekhawatiran serta depresi dan menolong mengatur suhu tubuh.

Dua jam sebelum saat tidur
Menyambut tidur, lakukan untuk turunkan intensitas sinar kamar anda. Menurut Michael Terman, PhD, peneliti sinar serta ritme biologis dari Columbia University Medical Center, mematikan lampu kamar adalah usaha berikan tanda pada tubuh bahwa waktu tidur telah tiba.

Type bola lampu juga bisa merubah gampang tidaknya seseorang untuk tertidur, kata Terman. sinar putih yang dingin serta terang layaknya lampu neon yang diisi komponen biru, yaitu type sinar yang barangkali mengganggu waktu tidur. “Cahaya biru, kian lebih dari pada warna lain didalam spektrum sinar, bisa menghimpit tubuh melepas melatonin, hormon yang bikin kita mudah mengantuk, ” tuturnya.

Terman juga menyarankan anda mengecek serta menentukan type lampu kamar tidur yang cocok. Tentukan lampu dengan nuansa sinar “soft” atau “warm” dengan temperature 3000 kelvins atau di bawahnya. Lampu type ini tak lagi menyebabkan insomnia.

Satu jam sebelum saat tidur
Turunkan intensitas sinar pada layar gadget atau televisi apabila anda memanglah tengah melihat siaran atau buka alat elektronik yang lain. Melihat televisi atau buka gadget barangkali saja bisa bikin anda lebih rileks, Namun layat tv, tablet, atau computer anda dapat pancarkan sinar biru semakin banyak daripada lampu di kamar anda. Belum lagi, object yang anda tatap di layar dapat bikin anda berkonsentrasi hingga otak selalu bekerja. Bukannya anda makin mengantuk, namun jadi makin asyik menatap layar.

Apabila anda tidak dapat melepas rutinitas melihat tv atau buka gadget, yakinkan untuk turunkan intensitas sinar hingga tidak terlampau terang. Anda juga bisa menginstal sesuatu program yang dimaksud f. lux pada laptop untuk dengan otomatis kurangi tingkat sinar jadi lebih gelap.

1/2 jam sebelum saat tidur
Ini adalah waktunya untuk meyakinkan layar televisi atau gadget anda. Beberapa pakar merekomendasikan anda untuk membaca artikel atau buku-buku mudah dengan pencahayaan yang redup. Langkah ini bisa menolong anda tertidur dengan cepat.  (rwa: http://www.wartaviva.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar