Faktor Penyebab Kanker Serviks

Menghindari factor efek serta menambah factor pelindung bisa menolong menghindar kanker serviks. Merokok, berlebihan berat badan, serta kurang olahraga bisa memicu terkena kanker serviks. Menambah factor perlindungan misalnya berhenti merokok, makan makanan yang sehat, serta berolahraga juga bisa menolong menghindar sebagian type kanker lain. bicaralah dengan dokter atau pakar kesehatan perihal bagaimana anda bisa turunkan risiko kanker.
Stadium awal kanker serviks
Tips konsensus sudah dikeluarkan untuk mengelola wanita dengan neoplasia intraepitel serviks atau adenokarsinoma in situ. benar dirawat, kontrol tumor pada karsinoma serviks in situ mesti nyaris 100%.

Tak tahu pakar kolposkopi yang diarahkan biopsi atau kerucut biopsi dibutuhkan untuk mengecualikan penyakit invasif sebelum saat terapi dikerjakan. Sesuatu korelasi pada sitologi serta kolposkopi biopsi terarah juga dibutuhkan sebelum saat terapi ablatif lokal dikerjakan. walau demikianlah, penyakit invasif yang belum dianggap diperlakukan

Resiko efek kanker serviks :
a. infeksi hpv
Pemicu sangat umum dari kanker serviks yaitu infeksi pada leher rahim dengan human papillomavirus ( hpv ). Ada kian lebih 80 type human papillomavirus. Lebih kurang 30 type bisa menginfeksi leher rahim serta lebih kurang 1/2 dari mereka sudah dihubungkan dengan kanker serviks. Infeksi hpv yaitu umum namun cuma sebagian kecil wanita terinfeksi hpv mengembangkan kanker serviks.

Infeksi hpv yang mengakibatkan kanker serviks menyebar terlebih lewat kontak seksual. Wanita ygi aktif dengan seksual pada umur muda serta punya banyak pasangan seksual mempunyai resiko semakin besar infeksi hpv serta kanker serviks.

b. merokok
Merokok serta menghirup asap rokok menambah risiko kanker serviks. Diantara wanita terinfeksi hpv, displasia serta kanker invasif berlangsung 2 hingga 3 kali seringkali pada perokok dan mantan perokok. Asap rokok mengakibatkan kenaikan kecil didalam risiko.

Factor yang bisa menambah risiko kanker serviks :
Tingginya jumlah kehamilan/panjangnya periode kehamilan
Wanita yang mempunyai 7 atau lebih penuh panjang kehamilan barangkali mempunyai peningkatan risiko kanker serviks.

Pemakaian kontrasepsi oral didalam periode panjang
Wanita yang memakai kontrasepsi oral ( “pil kb” ) sepanjang 5 th. atau lebih mempunyai risiko semakin besar terkena kanker serviks dibanding wanita yang tidak memakai kontrasepsi oral. Resiko lebih tinggi sesudah 10 th. dipakai.

Factor pelindung yang bisa turunkan risiko kanker serviks :
menghindar infeksi hpv
hpv bisa dicegah dengan :
a. hindari kegiatan seksual berlebihan:
infeksi hpv serviks yaitu pemicu sangat umum dari kanker serviks. Hindari kegiatan seksual turunkan risiko infeksi hpv.

b. memakai perlindungan penghalang atau gel spermisida :
Sebagian metode yang dipakai untuk menghindar penyakit menular seksual ( pms ) kurangi risiko infeksi hpv. Pemakaian metode penghalang pengendalian kelahiran semacam kondom atau gel yang membunuh sperma bisa menolong membuat perlindungan pada infeksi hpv.

c. memperoleh vaksin hpv :
Vaksin hpv sudah disetujui oleh food and drug administration ( fda ). Vaksin hpv sudah dapat dibuktikan untuk menghindar infeksi dengan dua type hpv yang mengakibatkan kanker serviks. Vaksin ini membuat perlindungan pada infeksi dengan type hpv sepanjang 6 hingga 8 th.. Tidak diketahui bila perlindungan berjalan lebih lama. Vaksin ini tidak membuat perlindungan wanita yang telah terinfeksi dengan hpv.
 
Pemeriksaan
Kontrol panggul teratur serta tes pap menolong mendapatkan abnormalcells pada serviks sebelum saat kanker berkembang. Tetapi, tes serta prosedur yang bisa dipakai sesudah kontrol panggul abnormal atau hasil tes pap mempunyai risiko. Contohnya, penyembuhan rendah gradelesions bisa merubah kekuatan wanita untuk hamil atau membawa bayi untuk periode waktu penuh.

Pada wanita yang lebih muda dari 25 th., skrining dengan tes pap mempunyai risiko kian lebih faedah. Skrining dengan tes pap tidak menolong wanita yang lebih tua dari 60 th. yang sudah melakukan uji coba paling akhir smear negatif.

Uji cobalah pencegahan kanker klinis dipakai untuk pelajari langkah untuk menghindar kanker. Kanker preventionclinical percobaan dipakai untuk pelajari langkah untuk turunkan risiko terkena sebagian type kanker. Uji coba pencegahan kanker sebagian dikerjakan dengan orang sehat yang tidak menderita kanker namun yang mempunyai peningkatan risiko untuk kanker.

Uji coba pencegahan lain yang dikerjakan dengan orang yang sudah menderita kanker serta berupaya untuk menghindar berlangsungnya kanker dari type yang sama atau untuk turunkan peluang mereka mengembangkan type baru kanker. Uji yang lain dikerjakan dengan sukarelawan sehat yang tidak diketahui mempunyai factor risiko apa pun untuk kanker.

Tujuan dari sebagian uji coba pencegahan kanker klinis yaitu untuk tahu apakah tindakan itu bisa menghindar kanker. Ini barangkali terhitung konsumsi buah serta sayuran, berolahraga, berhenti merokok, atau minum obat spesifik, vit., mineral, atau suplemen makanan.  (rwa: http://apapenyebabkeputihan.info)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar