Keputihan Bisa Pengaruhi Kesuburan

Keputihan terlalu berlebih yang dikategorikan tidak normal bisa merubah kesuburan wanita hingga mempersulit hamil. Oleh karena itu, bila anda tengah merencanakan kehamilan, coba untuk tidak menyepelekan problem keputihan.


Menurut pakar kecantikan dr. Uqudiah Kafanila Prisatianti, wanita Indonesia tentu pernah alami keputihan, tetapi sayangnya belum seluruh wanita hiraukan serta kerapkali menyepelekannya. Walau sebenarnya, keputihan yang terlalu berlebih bisa menghalangi kesuburan.

Bakteri, jamur, maupun virus tidak cuma bersarang di vagina hingga mengakibatkan keputihan, namun juga dapat menyebar ke sistem reproduksi sisi atas, perumpamaannya tempat leher rahim ( serviks ) hingga menyebabkan penyumbatan, tutur dokter yang mempunyai sapaan akrab Uqe ini.

Penyumbatan, kata Uqe, bisa berbentuk kanker, mioma, maupun kista. Penyumbatan bisa menghalangi sperma untuk masuk meraih sel telur wanita. Perihal ini yang bisa menyusahkan wanita untuk hamil.

Meski begitu, wanita tak perlu takut waktu alami keputihan. Menurut Uqe, keputihan yaitu problem yang umum dihadapi oleh tiap-tiap wanita serta tidak seluruh keputihan senantiasa beresiko.

Ada type keputihan yang dikira normal serta tidak beresiko. Keputihan normal memiliki kandungan susunan jaringan vagina, jaringan leher rahim, lendir endoserviks, serta bakteri baik terlebih golongan lactobacillus. Ciri-cirinya yakni memiliki bentuk cair serta encer, warnanya bening atau sedikit putih, jumlahnya sedikit serta nyaris tidak berbau.

Keputihan type ini adalah suatu hal yang alamiah untuk bersihkan diri, sebagai pelicin, serta pertahanan dari beragam infeksi, tuturnya.

Keputihan terlalu berlebih, berwarna agak kuning sampai hijau, condong kental, berbau tidak enak, serta umumnya menyebabkan gatal serta terkadang nyeri adalah type keputihan yang butuh diwaspadai. Keputihan type inilah yang dikarenakan oleh bakteri, jamur, maupun virus yang beresiko untuk organ kewanitaan, papar Uqe.

Bila anda alami keputihan yang tidak normal, maka baiknya segera memeriksakan diri ke dokter, pungkasnya.  (rwa: http://kompas.com)

1 komentar:

  1. Informasi terapi kesuburan bagi yang sering keguguran dan lama tidak punya keturunan, silahkan dipelajari di : http://www.biospray-hgh.com/kesaksian.html
    atau klik nama kontak kami " hgh terapi "

    BalasHapus