Menghindari Gatal Kulit Akibat Eksim

Eksim yaitu masalah peradangan kulit yang bisa menyerang siapapun, dimulai dari bayi hingga orang dewasa. Dengan perawatan yang pas, gatal kulit akibat eksim dapat dicegah.

Eksim atau dermatitis kontak sesungguhnya yaitu situasi kulit yang di pengaruhi oleh factor keturunan. Apabila seseorang didalam keluarga menderita alergi, eksim yaitu sinyal pertama yang bisa tunjukkan si kecil juga mempunyai bakat alergi.


Beberapa orang mengira eksim dikarenakan oleh kuman, walau sebenarnya ini adalah situasi kulit yang peka serta di pengaruhi factor bakat alergi, kata dr. Lilik Norawati, Sp. KK, disela acara konferensi pers Pearls of Cosmetic Dermatology Symposium 2013 yang diselenggarakan oleh Dove Medical serta perhimpunan dokter spesialis kulit serta Kelamin Indonesia di Jakarta.

Tanda-tanda eksim pada bayi diantaranya yaitu kulit kering, kemerahan, gatal, menebal, serta bersisik. sebagian tanda-tanda tersebut juga bisa mengindikasikan problem lain layaknya ruam popok.

Perawatan kulit eksim yang utama, menurut Lilik yaitu menghindari pencetusnya. sebagian pencetus yang perlu diwaspadai yaitu kutu debu, keringat, hawa kering, hingga detergen didalam sabun.

Untuk perawatan sehari-hari baiknya jauhi product perawatan kulit yang mempunyai pewangi.

Pakai juga sabun mandi yang lembut serta memiliki kandungan pelembab spesial untuk kulit peka, kata dokter spesialis kulit dari RSPAD Gatot Subroto itu.

Kelembapan yaitu fondasi untuk kulit yang sehat, terlebih untuk pasien eksim. Pelembab kulit harus digunakan tiap-tiap hari, terlebih sesudah mandi. Baiknya tentukan product yang mempunyai lemak pelindung, tuturnya.

Untuk eksim yang lebih berat peradangannya, dokter dapat berikan obat-obatan yang digabungkan dengan product perawatan kulit.  (rwa: http://www.dechacare.com)

1 komentar:

  1. Saya sering berkunjung di blog-blog, postingan tentang... ini sangat menarik serta enak dibaca. Saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus