Apa itu diabetes?

Apa itu diabetes?
gambar dari jamunusantara.com

Apa itu diabetes? Diabetes mellitus merupakan sekelompok penyakit metabolik yang ditandai oleh gula darah tinggi (glukosa) yang disebabkan oleh kegagalan pankreas atau kegagalan pada sekresi insulin, atau keduanya.
Diabetes mellitus, sering disebut sebagai diabetes (seperti tulisan ini) pertama kali diidentifikasi sebagai penyakit yang berhubungan dengan "kencing manis," dan kehilangan tenaga dan berat badan yang berlebihan.

Peningkatan kadar glukosa darah (hiperglikemia) menyebabkan tumpahan glukosa ke dalam urin, maka istilahnya kencing manis. Biasanya, kadar glukosa darah secara ketat dikontrol oleh insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas. Insulin menurunkan kadar glukosa darah. Ketika gula darah (misalnya, setelah makan makanan), insulin dilepaskan dari pankreas untuk menormalkan kadar glukosa.

Pada pasien dengan diabetes, tidak adanya cukup produksi insulin, atau kurangnya respon terhadap insulin menyebabkan hiperglikemia. Diabetes adalah suatu kondisi medis yang kronis, yang berarti bahwa meskipun dapat dikontrol, penyakit itu berlangsung seumur hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar