Susu Formula dan Saat Tepat Pemberian ASI

Dokter bersalin berikan susu formula pada seorang bayi di hari2 pertama hidupnya, dengan alasan bahwa “susu ibunya belum keluar”. Walau sekilas terlihat jadi niatan baik dari pihak dokter, sesungguhnya tindakan ini tidak benar, apalagi, itu adalah promosi terselubung susu formula. Kami prihatin sekali bahwa sering kali dinas kesehatan tidak bertindak saat mendidik orangtua didalam pemberian asi, apalagi hal itu dijadikan bisnis menjual susu formula.


Cukup banyak kasus demikian. Bagaimana fakta yang terkait dengan mitos “perlu susu formula pada hari-hari pertama melahirkan dikarenakan asi belum keluar” ?

Kapan saatnya ASI mulai keluar ?
Belum keluarnya ASI pada hari pertama kelahiran yaitu suatu hal yang normal. Hari-hari pertama ditandai dengan keluarnya kolostrum dengan jumlah yang kecil namun amat perlu buat antibodi bayi. ASI resminya baru keluar 2-3 hari sejak melahirkan. Bayi sendiri dengan alami akan tahan sepanjang 2-3 hari sejak lahir tanpa ASI. Sayangnya, banyak ibu jadi keburu pesimis dikarenakan susu yang tidak segera keluar itu. Padahal sesungguhnya itu normal.

Seandainya ASI belum keluar pada hari pertama kelahiran, apa butuh diberi formula ?
Tidak perlu. Belum keluarnya susu di hari-hari pertama sejak melahirkan bukan hanya alasan yang pas buat memberikan susu formula. Jadi, pemberian botol pada hari pertama sejak lahir dapat menyebabkan bayi jadi bingung dengan puting, yang mengakibatkan menghisap puting ibunya lewat cara yang salah, dan ini mengakibatkan lecet puting dan beraneka problem menyusui yang lain.

Lalu, jikalau benar-benar ASI baru keluar 2-3 hari sesudah itu, kenapa kudu terus menyusui bayi pada saat sebelum saat ASI keluar ?
Dikarenakan dua perihal. Pertama, walau tak ada ASI namun payudara ibu mengandung kolostrum, yang diisi konsentrasi antibodi yang perlu buat bayi, serta juga membersihkan pencernaan bayi, merangsang keluarnya tinja pertama bayi. Kedua, mekanisme hisapan bayi pada payudara ibu, akan membawa dua keuntungan yakni : merangsang keluarnya ASI resmi dengan jumlah yang cocok dengan keperluan bayi, serta juga buat merangsang rahim menciut dikarenakan hisapan puting merangsang hormon oksitosin.

Dikarenakan itu, sebisa-bisanya susui bayi anda pada hari-hari pertama melahirkan secepatnya sejak lahir. Tengok juga pengalaman Dita tentang early latch-on. mekanisme awal pembentukan susu pada hari awal sesudah melahirkan dapat dibaca di kellymom ( didalam bahasa inggris ). kedepannya artikel ini akan kami terjemahkan pula.

Hak menyusui anak
Menyusui yaitu hak anak anda dan hak anda. Tepatnya, menyusui yaitu hak asasi anak dan anda jadi ibunya. Tak ada yang memiliki hak menghambat anda buat menyusui anak anda setiap saat dan dimana saja. dengan hukum, hak anda dan bayi buat menyusui terlindungi . (http://studikeperawatan.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar