Nyeri Saat Menstruasi: Penyebab dan Cara Mengatasinya)

Nyeri menstruasi (dismenore) adalah hal yang normal terjadi. Nyeri disaat menstruasi yaitu satu keadaan yang kerap dialami remaja wanita. Banyak yang tidak dapat lakukan kegiatan karena rasa nyeri tersebut. Bagaimana cara buat mengatasi keadaan tersebut?


Nyeri menstruasi bisa berlangsung pada hari-hari saat akan alami menstruasi. Rasa nyeri yang timbul umumnya dirasakan pada tempat perut bagian bawah, sedang, apalagi dapat memancar sampai bagian punggung, pinggul dan paha. Nyeri menstruasi memiliki tingkat keparahan yang bermacam, satu saat nyeri mungkin tidak merasa, namun kadang-kadang akan merasa nyeri yang amat hebat.

Terjadinya nyeri menstruasi karena produksi prostaglandin yang dihasilkan tubuh sangat banyak. prostaglandin yaitu zat yang layaknya hormon. Proses produksinya terjadi di dalam dinding rahim dan kantung telur. Dinding rahim memiliki tugas buat melepas telur dari di dalam indung telur.

Prostaglandin yang dilepaskan akan beredar dengan melalui sistem peredaran darah dan sesudah itu akan meraih rahim, yang selanjutnya akan mengakibatkan rasa nyeri. Prostaglandin banyak dihasilkan oleh lebih dari satu wanita, namun lebih dari satu wanita selainnya memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap prostaglandin.

Kesimpulannya, ada lebih dari satu wanita yang mujur dikarenakan tidak alami rasa nyeri, tetapi lebih dari satu wanita lain rasakan rasa nyeri menstruasi yang bisa dialami sepanjang tiga sampai tujuh hari. Kutipan dari sesuatu buku “menjadi remaja sehat”, menjelaskan perihal hal-hal yang bisa dilakukan bila alami menstrusi yang kronis:
  1. Tambahkan ke di dalam makanan anda asam lemak omega-3 dan lakukanlah olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat agar lebih efektif.
  2. Produksi prostaglandin bisa dikendalikan mengkonsumsi 200 mg atau 400 mg ibuprofen di dalam rawan waktu 6 jam atau 1 hari 4 kali. Sesudah anda mengonsumsi obat asetaminofen ( tylenol ) anda akan jadi semakin baik, karena obat ini tidak menghalangi hormon yang jadi pemicu nyeri.
  3. Anda butuh ajukan pertanyaan dan berkonsultasi dengan dokter bila ke-2 langkah di atas belum berikan dampak apapun. akan lebih pas bila penanganan dikerjakan oleh profesional.
Sebagian orang juga meyakini bahwa dengan lakukan pijatan bisa membantu buat meringankan nyeri menstruasi. Masyarakat jepang berasumsi bahwa begian perut disebut juga dengan hara yaitu pusatnya daya pada semua bagian tubuh. Tersebut cara pemijatan yang bisa dilakukan :
  1. Letakanlah telapak tangan di bagian perut yang dekat dengan area pusar.
  2. Lakukanlah gerakan memutar searah jarum jam pada seputar pusar. lakukanlah did alam berapa kali putaran dan kerjakan dengan perlahan.
  3. Seterusnya, pakai ujung jari buat memberikan tekanan pada tempat perut, lakukanlah penekanan dibarengi dengan gerakan memutar yang sama juga dengan langkah ke-2.
  4. Bila ditemukan ada titik yang dirasa sakit, berhentilah sebentar pada titik itu. Lakukanlah penekanan lebih di dalam, sesudah itu tahan sebentar. Seterusnya tarik napas dalam-dalam dan kerjakan pernapasan dengan perut.
  5. Sesudah anda jadi cukup, sesudah itu tahan tangan pada area yang dekat dengan pusar di dalam lebih dari satu waktu. Ambil napas dalam-dalam, dan kerjakan relaksasi pada pundak agar otot-otot pada perut turut rileks. (rwa: http://tipskesehatan.web.id)

1 komentar:

  1. Mantap nih tipsnya sist, boleh di coba nihh ;)

    http://myapotekacemaxs.com/obat-bronkitis/

    BalasHapus