5 Kebiasaan Buruk Anak dan Cara Mencegahnya

Anak balita terkadang tunjukkan rutinitas jelek yang menjijikkan misalnya mengupil, menggigit kuku atau menghisap jempol, tetapi jadi problem saat rutinitas ini berlanjut sampai dewasa.
Menurut yang dikutip daily mirror, peneliti dari pusat psikologi anak Dr Angharad Rudkin mengungkap sebagian rutinitas jelek anak yang tidak bagus didiamkan :
1. Mengupil 
Banyak anak umur 3 th ke atas kerap mengupil saat terlibat perbincangan depan orang mengakibatkan kita jijik melihatnya. Dr rudkin menjelaskan anak-anak mempunyai rasa penasaran tinggi hingga jadi senang saat memperoleh kotoran hidung waktu mengoreknya. Beri benda yang lain saat dia tengah lakukan itu untuk mengalihkan kebiasaannya, tutur Rudkin. Bila anak anda telah lebih dewasa serta tetap lakukan rutinitas jelek itu, hadapkan cermin dia mengupil serta terangkan bila itu menjijikkan orang lain.

2. Menggigiti kuku jari 
Umumnya saat anak gugup atau takut, mereka condong menggigit jari kuku jari. Pakar psikologi anak Sue Atkins menyebutkan mereka menggigiti jari untuk berpikir layaknya saat mereka membaca buku. Anda sebagai seorang ibu mesti memikirkan langkah menghentikannya, di antaranya dengan menghimpit sisi tubuh spesifik untuk menyingkirkan rasa gugup. Beri mereka benda lain untuk dikantongi atau mereka dapat mainkan sebagian benda saat lakukan suatu hal layaknya yoyo yang mereka dapat mainkan saat gugup, tutur dia.

3. Menghisap jempol 
Anak condong menghisap jempol waktu senggang atau akan beranjak tidur. Sue mengungkap ada langkah cara-cara menanganinya. Ini sama juga saat anda mendengarkan musik pada saat senggang, berilah mainan atau boneka untuk dipegang oleh anak sepanjang tidur serta dengarkan sang anak lagu-lagu menyambut tidur. Ini dapat menyingkirkan rutinitas jelek itu, tutur dia.

4. Memainkan rambut 
Untuk sebagian orang memainkan rambut juga tidak baik dikerjakan terlebih hingga menggigiti serta mengemut rambut. Langkah yang dapat dikerjakan yaitu memotong rambut dengan potongan pendek. Potong rambut anak sekurang-kurangnya tidak hingga menutupi muka, atau suruh dia memilin rambutnya daripada memakannya, tutur Rudkin.

5. Menggaruk pantat 
Rutinitas jelek ini umumnya dikerjakan oleh anak laki. Mereka tidak paham bila ini dapat mengganggu orang lain. Anda sebagai ibu harus memberitahunya perihal aturan kesopanan di depan umum serta memberinya baju yang enak serta pas digunakan. Langkahnya cukup terangkan bila perihal itu jorok serta tidak bagus dipandang orang bila dikerjakan. Tetapi perihal itu dapat mereka kerjakan di toilet atau kamar tidur, kata Dr Rudki. (rwa: http://www.antaranews.com)