Mendengkur (Ngorok)

Lebih kurang 45% orang dewasa normal mendengkur cuma pada saat spesifik, sesaat 25% memanglah mempunyai rutinitas mendengkur. Pria-pria yang mempunyai berat berlebih umumnya mempunyai problem dengan dengkuran. Sayangnya problem tersebut justru makin kronis bersamaan pertambahan umur.


Penyebab 
Saat hawa tidak dapat mengalir bebas melewati saluran pada mulut serta hidung dikarenakan terhambat suatu hal, dengkuran lalu nampak. Nada ini datang dari sisi lipatan jalur hawa dimana lidah serta kerongkongan atas bersua dengan palate yang lunak serta uvula (tonjolan-tonjolan daging yang menjurai dari langit-langit mulut sisi belakang sampai kerongkongan). Saat gumpalan-gumpalan tersebut saling bersentuhan serta bergetar sepanjang bernafas, itu yang diberi nama dengkuran.

Orang yang mendengkur sekurang-kurangnya alami di antara problem tersebut di bawah ini: 
  1. Ketegangan otot yang jelek (kurang kencang) didalam otot-otot lidah serta kerongkongan. Mengakibatkan lidah dapat terjatuh ke belakang menutupi jalur hawa atau juga otot-otot kerongkongan tertarik dari sisi-sisinya masuk ke jalur hawa. Otot-otot yang kendor ini mungkin saja adalah disebabkan dari : alkohol. obat-obatan yang mengakibatkan kantuk, dan mengendornya otot didalam tidur yang amat lelap
  2. Jaringan kerongkongan yang terlampau tebal. Problem ini dapat didapati pada pria dengan berat badan berlebih dikarenakan lidah menaruh lemak. Tetapi dapat juga adalah disebabkan kista atau tumor. 
  3. Panjang palate lunak serta uvula yang berlebih. Palate yang panjang bisa mempersempit pintu masuk dari hidung ke didalam kerongkongan. Waktu terjulur didalam jalur hawa, palate menyerupai katup yang berdenyut-denyut sepanjang pernafasan jalan perlahan serta menyebabkan dengkuran. uvula yang panjang apalagi makin memperburuk keadaan tersebut. 
  4. Penyumbatan jalur hawa hidung dikarenakan oleh hidung yang mampat. tersebut mengapa sebagian pria cuma mendengkur sepanjang musim flu atau saat diserang infeksi sinus atau kedinginan. 
  5. Rusaknya wujud hidung atau sekat hidung kerap jadi pemicu penyumbatan. Ke-2 perihal tersebut mungkin saja adalah disebabkan cedera waktu berolah raga. Deviated septum yaitu istilah lazim untuk rusaknya yang berlangsung di dalam hidung pada sekat yang memisahkan satu lubang hidung dengan lubang yang lain. 

Akibat 
Secara sosial mendengkur mengganggu kehidupan keluarga. Tak hanya memalukan si pendengkur itu sendiri mendengkur juga mengakibatkan bagian keluarga yang lain terganggu serta kurang tidur. Kehadiran beberapa pendengkur juga tidak disambut baik oleh beberapa rekan sekamar mereka waktu berlibur atau lakukan perjalanan usaha.

Secara medis mendengkur mengacaukan pola tidur pendengkur itu sendiri. Pada pendengkur tidak tidur nyenyak. Tak hanya itu pendengkur kelas berat berkemungkinan mengakibatkan tekanan darah tinggi pada umur yang lebih muda dibanding mereka yang bukan hanya pendengkur.

Obstrucative sleep apnoea (osa) adalah type dengkuran yang terparah. Perihal ini berjalan saat dengkuran yang nyering disela oleh saat-saat terhalangnya pernapasan dengan keseluruhaan. Perihal ini jadi serius bila penyumbatan tersebut berjalan kian lebih 0 detik serta berlangsung dari 7 kali perjam.

Pria penderita osa alami 30 sampai 300 penyumbatan tiap-tiap malamnya. Juga nyaris separuh saat tidur mereka menjumpai tingkat oksigen darah dibawah normal. Sepanjang saat-saat penyumbatan tersebut, jantung mesti memompa lebih keras untuk mengedarkan darah lebih cepat. Usaha jantung tersebut bisa menyebabkan detak jantung yang tidak teratur. Sesudah berjalan sekian lama, yang lantas berlangsung yaitu naiknya tekanan darah serta pembesaran hati. Kekurangan oksigen tersebut bermakna bahwa pria mesti tidur didalam sesuatu bagian yang lebih mudah serta meregangkan otot-ototnya sedemikian rupa untuk buka jalur hawa hingga hawa dapat masuk ke dalam paru-paru.

Mengingat pendengkur dengan sleep apnoea kerapkali tidak menyadarinya, laboratorium penelitian tidur barangkali jadi hanya satu jalur untuk meyakinkan mereka. Sleep apnoea mengakibatkan pria kehilangan saat-saat tidur nyenyak yang amat mutlak untuk memperoleh mutu istirahat yang baik. Disebabkan yang ditimbulkannya yaitu kelelahan selama hari. Mereka apalagi tertidur waktu mengemudi ke kantor atau waktu bekerja.

Penanganan
Apakah yang dapat dikerjakan untuk membantu ? Banyak pendengkur dapat ditolong. Mereka yang cuma terkadang saja mendengkur atau pendengkur ringan dapat menarik faedah dari terapi perbaikan diri tersebut:
  1. latihan tiap-tiap hari untuk mengembangkan otot yang sehat serta turunkan berat badan. 
  2. tempatkan pita perekat pada mulut anda sebelum saat tidur. Usaha ini dapat memaksa anda bernafas melewati hidung serta memperlambut nada apa pun. 
  3. jauhi obat penenang, obat tidur, serta antihistamin sebelum saat tidur. 
  4. jauhi minuman mengandung alkohol didalam 3 jam saat istirahat. 
  5. jauhi konsumsi makanan berat sepanjang 3 jam saat istirahat. 
  6. jangan sempat terlampau capai ;usahakan mempunyai pola tidur yang teratur. 
  7. istirahatlah didalam posisi miring, bukan hanya terlentang. 
  8. miringkan area tidur supaya sisi kepala lebih tinggi. 
  9. tempatkan sesuatu bata atau ganjal dibawah area tidur sisi kepala. 
  10. biarlah mereka yang tidak mendengkur tidur terlebih dulu.(rwa: http://tipsku.info)