Cara Alami Mengatasi Sembelit

Sulit buang air besar atau biasa disebut sembelit seringkali jadi problem untuk banyak orang, Terlebih beberapa pekerja kantoran yang banyak menggunakan waktu berjam-jam di depan meja kerja. Perihal itu jelas amat mengganggu kegiatan mereka di kantor.


Cukup banyak pemicu yang menyebabkan timbulnya sembelit diantaranya, kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, stres atau depresi serta kegiatan yang cukup padat, dampak hormon didalam tubuh ( contohnya dikarenakan menstruasi ), kelainan anatomis pada sistem pencernaan, serta pola hidup serta pola makan yang kurang teratur ( layaknya diet yang jelek ).

Tetapi janganlah cemas, dikarenakan ada cara yang dapat anda kerjakan untuk menghindar sembelit, ditulis dari laman mindbodygreen.

1. Menjauhi makanan kemasan
Makanan olahan atau makanan kemasan mempunyai usia simpan spesifik serta umumnya memiliki kandungan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan pencernaan.

2. Kerap berolahraga
Olahraga bisa menambah aliran darah ke usus serta menambah motilitas gastrointestinal. Hingga pencernaan lancar serta terhindar dari sembelit.

3. Lakukan pijatan pada perut
Berikanlah pijatan lembut pada perut saat tengah bersantai atau didalam situasi perut yang tidak penuh. Perihal ini dapat bikin situasi perut anda rileks serta tenang hingga dapat mencerna makanan dengan baik

4. Banyak minum
Di antara alasan sembelit yaitu dikarenakan anda alami dehidrasi. Saat tubuh alami dehidrasi, usus besar yaitu organ yang pertama kali rasakan akibatnya. Usus besar yang sehat mempunyai persentase cairan yang amat tinggi.

Tubuh anda juga memerlukan cairan dari usus besar untuk beri dukungan organ-organ tubuh yang lain. Oleh dikarenakan itu anda butuh banyak minum air sampai 8 gelas /hari.

5. Jauhi makanan kering
Makanan yang kering layaknya kacang, keripik, serta biskuit bisa menghalangi sistem pencernaan serta mengakibatkan sembelit. Saat anda mengonsumsinya, perbanyaklah minum air putih

6. Berhentilah ngemil
Janganlah makan camilan dahulu sebelum saat makanan yang anda makan pada mulanya sudah selesai dicerna. Bila jarak pada sarapan, ngemil serta makan siang terlampau sedikit, saluran pencernaan anda dapat alami penumpukan makanan serta dapat mengakibatkan sembelit.

7. Tarik napas
Sempatkan waktu untuk menarik napas panjang, tujuannya yaitu untuk menambah aliran darah ke sistem pencernaan. waktu bernapas, sistem saraf anda dapat tenang serta dapat membuat lancar sistem pencernaan.  (rwa: http://www.oktomagazine.com/)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar