Pertolongan Pertama pada Luka Bakar

Luka bakar yang berlangsung akibat kontak dengan benda panas bisa segera diatasi dengan air, kata dokter pakar bedah plastik dari rumah sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Prasetyanugraheni, SpBP.


"Luka bakar itu panas, agar reaksinya menyusut, maka mesti didinginkan melewati air mengalir dengan suhu ruangan", tutur Heni pada seminar tentang luka bakar di Jakarta.

Heni menjelaskan bahwa air yang mengalir dapat menolong menghindar luka bakar agar tidak menyebar. Biarlah air mengalir diatas luka sepanjang 10 sampai 30 menit.

"Jauhi merendam luka bakar didalam air dikarenakan tak lagi bermanfaat, karena suhu didalam air dapat jadi hangat", kata Heni.

Selanjutnya Heni memaparkan supaya luka bakar yang baru berlangsung baiknya janganlah diberi air es. Walau dingin, namun air es bisa mengakibatkan frostbite yang menyebabkan hipotermia.  (rwa:http://www.antaranews.com)

1 komentar:

  1. Bagi Anda yang mengalami infeksi rahim, silahkan mengunjungi website kami disini Jika Anda Penderita Infeksi Rahim, Hindari Makanan Ini

    BalasHapus