Cuci Tangan untuk Kesehatan

Tangan adalah di antara bagian tubuh yang sangat banyak dipakai, itu penyebab tangan banyak bersentuhan dengan benda-benda di sekitar baik itu bersih ataupun kotor. Di antara jalur utama masuknya kuman kedalam tubuh melewati tangan. Membersihkan tangan gunakan sabun mesti jadikan rutinitas sehari-hari untuk mengecilkan kemungkinan bibit penyakit masuk kedalam tubuh.

Tingkah laku membersihkan tangan dikerjakan untuk tujuan kebersihan, sebagai ritual satu agama contohnya wudhu untuk agama Islam, lavabo untuk agama Kristen serta misugi yang dikerjakan di kuil shinto atau untuk tujuan-tujuan yang lain. Pentingnya membersihkan tangan dengan sabun mesti ditanamkan sejak dari anak-anak. Dapat dibuktikan anak yang senantiasa melindungi kebersihan tangannya dengan membersihkan tangan gunakan sabun lebih jarang sakit dibanding dengan anak yang tidak punya kebiasaan membersihkan tangan.

Membersihkan tangan gunakan sabun amat efisien untuk menghindar penyebaran beragam jenis penyakit. Bersihkan tangan menghindar bibit penyakit dimulai dari bakteri, virus, jamur serta parasit menular dari satu orang keorang yang lain serta ke seluruh komunitas.

Sebagian penyakit yang efisien di hindari dengan membersihkan tangan salah satunya diare, penyakit saluran pernapasan, disentri, iritasi kulit, biang keringat, menghindar flu, radang tenggorokan, mata merah, jerawat, bau badan, serta tipus, tetapi tidak terbatas pada penyakit tersebut saja.

Kapan baiknya kita membersihkan tangan ?

  1. Sebelum saat, waktu serta sesudah memasak.
  2. Sebelum saat makan.
  3. Sebelum saat serta sesudah menjaga orang yang tengah sakit.
  4. Sebelum saat serta setelah menjaga luka.
  5. Sesudah menggunakan toilet.
  6. Sesudah lakukan perawatan pada anak.
  7. Sesudah menyentuh hidung, batuk atau bersin.
  8. Sesudah menyentuh binatang, makanan binatang atau kotorannya.
  9. Sesudah menyentuh sampah.
  10. Kapanpun tangan kotor.
Bagaimana langkah yang pas saat mencuci tangan ?
  1. Basahi tangan anda dengan air bersih yang mengalir ( hangat atau dingin ) lantas gunakan sabun.
  2. Gosok tangan untuk bikin busa, yakinkan untuk menggosok punggung tangan anda, sela-sela jari serta bawah kuku.
  3. Lanjutkan menggosok tangan anda sepanjang sekurang-kurangnya 20 detik untuk meyakinkan tangan betul-betul bersih. tidak mesti gunakan jam, cukup kurang lebih saja.
  4. Basuh tangan anda hingga bersih dari sabun dibawah air yang mengalir.
  5. Keringkan tangan anda menggunakan handuk bersih atau hawa kering.
Membersihkan tangan menggunakan air mengalir serta sabun yaitu langkah yang sangat efisien untuk kurangi jumlah bibit penyakit pada tangan tetapi bila tidak ada dapat menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol atau yang lain namun hand sanitizer tidak membunuh seluruh type kuman. Anda bisa menggunakan cairan hand sanitizer bila tangan terlihat bersih jika tangan tampak kotor hand sanitizer kurang efisien membunuh bibit penyakit.  (rwa: http://www.cepat.info/)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar