Menjaga Berat Badan Untuk Mencegah Hipertensi

Seseorang butuh melindungi berat badannya supaya terhindar dari beragam risiko penyakit yang dikarenakan oleh obesitas atau kegemukan. Berlebihan berat badan bisa menambah kemungkinan seseorang untuk mengembangkan hipertensi.

Seseorang dikatakan mempunyai hipertensi bila tingkat tekanan darahnya kian lebih 140/90 mmhg. Tingkat tekanan darah seseorang bergantung pada resistensi pembuluh darah sistemik serta curah jantungnya.

Obesitas bisa punya pengaruh pada resistensi pembuluh darah sistemik atau perifer. Saat anda berlebihan berat badan, resistensi pembuluh darah sistemik dapat meningkat serta mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Umumnya orang dengan hipertensi tampak sehat serta beberapa besar tidak menyebabkan tanda-tanda. Namun sebagian orang bisa alami tanda-tanda awal hipertensi layaknya sakit kepala, mimisan, kepala pening, muka kemerahan serta kelelahan.

Hipertensi bisa menambah risiko beragam penyakit layaknya stroke, penyakit jantung, masalah penglihatan, dsifungsi ereksi serta gagal ginjal. Orang dengan hipertensi bisa mengecilkan risiko tersebut dengan turunkan berat badan.

Seseorang yang berisiko pada hipertensi mesti pandai-pandai mengelola berat badannya memperhatikan 3 perihal dibawah ini, layaknya ditulis onlymyhealth, diantaranya :

1. Diet untuk hipertensi
Untuk melindungi tekanan darah yang sehat, pasien hipertensi mesti konsumsi sekurang-kurangnya 5 porsi buah-buahan fresh serta sayuran /hari. Perihal ini bisa mencukupi keperluan harian dapat kalium, kalsium magnesium, serta protein, yang bebas dari kolesterol serta lemak jemu.

Anda juga butuh konsumsi susu atau product susu yang rendah lemak. Lemak bisa menghalangi aliran darah serta menambah tekanan darah.

2. Olahraga untuk hipertensi
Bila pasien hipertensi kurang beraktivitas fisik, tekanan darahnya bisa terus meningkat. Lakukan olahraga ringan lebih kurang 30 menit tiap-tiap hari bisa menolong menghindar lonjakan tekanan darah. Beberapa pakar kesehatan merekomendasikan orang dengan hipertensi untuk menentukan olahraga dengan intensitas sedang layaknya jalur cepat, bersepeda serta jogging.

3. Kurangi konsumsi garam
Kandungan natrium didalam mengonsumsi garam bisa merubah tekanan darah serta menambah risiko kesehatan yang berkenaan dengan hipertensi. Pasien hipertensi mesti membatasi konsumsi garamnya hingga 1. 500 mg untuk melindungi tekanan darah terus normal.

Janganlah memberikan terlampau banyak garam ke didalam masakan serta jauhi makan makanan cepat saji atau makanan kemasan dikarenakan memiliki kandungan garam didalam jumlah yang tinggi.  (rwa:http://detik.com)

1 komentar: