Cara-cara Menurunkan Resiko serangan Jantung dan Stroke

Penyakit jantung adalah pemicu utama kematian di jaman moderen saat ini. Tidak cuma di negara maju, di negara berkembang layaknya Indonesia juga demikianlah. Pergantian lingkungan, pola makan, pola hidup, adalah beberapa pemicu meningkatnya masalah penyakit jantung ini.


Sebagian situasi, layaknya umur, hipertensi, masalah irama jantung, kolesterol tinggi, diabetes, stres bisa menambah risiko anda untuk alami serangan jantung serta stroke.

Strategi berikut mudah-mudahan bisa turunkan risiko anda alami serangan jantung serta stroke :

  1. Olahragalah tiap-tiap hari. Anda tak perlu olahraga yang berat untuk turunkan risiko ini. Anda tak perlu maraton 2 jam tiap-tiap harinya, olahraga yang moderat saja bisa turunkan risiko serangan jantung 30-50 %. Olahraga aerobik, layaknya jalan cepat, jogging sepanjang 30 menit yang anda kerjakan sekurang-kurangnya 5 kali didalam 1 minggu telah cukup. Sayang, umumnya kita amat sukar mengawalinya serta menjaganya walau sebenarnya, kontinuitas itu mutlak. Bila anda maraton 2 jam, atau main tenis cuma sekali didalam 1 minggu, sesaat anda telah cukup berusia, jadi bisa meningkatkan serangan jantung.
  2. Turunkan berat badan anda. Obesitas dengan semua mengakibatkan adalah factor risiko mutlak serangan jantung. Apabila anda overweght atau obes, dapat diketahui dari bmi anda, atau meskipun berat badan anda normal namun perut anda buncit, anda mesti menguranginya. Turunkan berat badan cuma 5-10 % saja dari berat badan anda saat ini bisa turunkan kolesterol, tekanan darah serta gula darah anda.
  3. Cermati piring anda. Isi beberapa besar piring anda dengan sayuran, buah-buahan, makanan yang banyak memiliki kandungan serat. Perbanyak sumber protein dari kacang-kacangan, ikan, serta kurangi daging merah. Jika anda senang makan daging, pastikan yang tidak memiliki kandungan lemak. Menentukan makanan yang sehat saja bisa turunkan risiko serangan jantung 24 %. Diet mediteranian yang menunya banyak memiliki kandungan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, serta ikan dapat dibuktikan bisa turunkan risiko serangan jantung.
  4. Berhentilah merokok. Rokok tetap dikira sebagai factor risiko utama untuk serangan jantung serta stroke. Risiko anda meningkat 2-4 kali menderita penyakit jantung koroner dibanding bukan hanya perokok. Di amerika tiap-tiap th. 46.000 orang meninggal akibat serangan jantung cuma dikarenakan merokok pasif. 443. 000 kematian dikarenakan serangan jantung akibat langsung dari merokok. lantas, berhenti merokok yaitu di antara strategi mutlak untuk anda untuk kurangi risiko ini.
  5. Apabila anda mengonsumsi obat jantung, janganlah tinggalkan. Obat jantung yang didapatkan dari dokter anda, dokter yang mumpuni mesti terus anda makan. Penelitian tunjukkan 130. 000 orang tiap-tiap th. meninggal di amerika dikarenakan serangan jantung akibat tidak makan obat jantung yang didapatkan.
  6. Makanlah sedikit coklat. Sebagian penelitian tunjukkan bahwa konsumsi coklat berapa kali didalam 1 minggu turunkan risiko penyakit jantung 40 %, diabetes serta stroke 30 %. Tetapi belum ada kepastian jumlah yang safe untuk anda mengonsumsi coklat ini. Dikarenakan itu cocok dengan prinsip, meskipun itu baik, jumlah yang terlalu berlebih belum pasti baik juga. Lantas, untuk memperoleh satu keuntungan tanpa ada risikonya, konsumsilah dengan jumlah yang moderat, tidak terlalu berlebih.
  7. Alkohol. Untuk anda yang minum alkohol, sedikit alkohol juga bisa turunkan risiko serangan jantung. Namun dikarenakan alkohol itu adiktif, mempertahan jumlah yang safe, sedikit itu sukar sekali. Sesaat jika anda minum alkohol yang terlalu berlebih jadi menaikan risiko anda.
  8. Jagalah kesehatan gigi anda. Gigi yang bersih, sehat turunkan risiko anda alami serangan jantung. Gigi juga bisa jadi fokal infeksi yang dapat menyebar ke jantung. Gigi yang sehat bisa mencerminkan jantung yang sehat. Periksakan situasi gigi anda dengan periodik ke dokter gigi.
  9. Janganlah makan terlalu berlebih. Tidak cuma menentukan makanan yang sehat itu mutlak untuk jantung anda. Makan terlalu berlebih bisa meningkatkan serangan jantung. Serangan jantung kerap berlangsung 2 jam sesudah anda makan berlebiham ( big meal ). Tambah baik anda makan sedikit, lantas diulangi lagi. Nabi besar Muhammad SAW menganjurkan, isilah sepertiga perutmu dengan makanan, sepertiganya air, serta sepertiga yang lain kosongkanlah.
  10. Sabarlah. Sabar saat menghadapi stres kehidupan saat ini amat mutlak. Dikarenakan pemacu stress itu senantiasa ada di depan mata anda. Banyak masalah serangan jantung dipacu oleh sikap anda hadapi stres ini. Marah, sebagai sikap yang tidak sabar kerap mendahului serangan jantung.
  11. Senyumlah. Hiasilah senantiasa muka anda dengan senyum. Senyum itu obat, senyum yang anda sebarkan pada siapa saja akan kembali pada anda sendiri. Senyum bikin anda lega, suka, senang, bahagia, jantung anda lalu dapat berdebar lebih tenang serta teratur. Dengan senyum emosi anda lebih mudah dikontrol.
  12. Ketahui tanda-tanda jantung dengan baik. Apabila anda mengerti tanda-tanda serangan jantung dengan baik, risiko kematian anda akibat serangan jantung juga alami penurunan. Kenal gejala-gejala itu, pasti anda dapat leibih cepat melacak pertolongan. Memperoleh pertolongan yang cepat, serta pas amat memastikan hasil terapi yang didapatkan.  (rwa: http://www.dechacare.com)

2 komentar:

  1. Bagi Anda yang mengalami infeksi rahim, silahkan mengunjungi website kami disini Jika Anda Penderita Infeksi Rahim, Hindari Makanan Ini

    BalasHapus