Penyebab Kontipasi (Sembelit)

Tiap-tiap orang mempunyai frekwensi buang air besar ( bab ) yang beragam. Ada yang cuma berapa kali 1 minggu tetapi ada juga yang sampai tiga kali tiap-tiap hari. Frekwensi ini di pengaruhi oleh banyak factor tetapi pola hiduplah yang menjadi factor besar pada frekuensi bab.


Jika bab kurang dari tiga kali 1 minggu dibarengi rasa tidak nyaman di perut serta pada waktu bab, anda telah dapat dikatakan sembelit atau konstipasi. Feses yang terlampau lama di usus bisa mengganggu kesehatan dikarenakan cairan serta racun bisa diserap lagi serta masuk ke aliran darah hingga butuh segera di tanggulangi.

Waktu sembelit berlangsung kerapkali perut dapat merasa kembung, tidak nyaman, berkurangnya nafsu makan, sakit kepala, pingin bab namun sukar untuk menggeluarkannya. Feses yang keras serta besar bisa melukai anus hingga menyebabkan perdarahan atau menyebabkan munculnya ambeien/wasir.

Konstipasi adalah problem yang dihadapi oleh beberapa orang. Diperkirakan 1 dari 10 orang alami problem pencernaan ini. Prevalensinya meningkat pada orang yang lansia di atas 60 th.. Perihal ini dikarenakan orang tua pergerakan ususnya alami penurunan serta umumnya menggunakan obat-obatan sembelit.

Ibu hamil kerap alami konstipasi dikarenakan tekanan pada rahim yang membesar. Factor hormonal juga bisa merubah perihal ini.

Pemicu kontipasi (sembelit)
Kurang olahraga
Kurang olahraga mengakibatkan gerakan otot jadi menyusut mengakibatkan hasrat untuk ke toilet juga menyusut.

Diet tinggi lemak serta rendah serat
Serat berikan massa pada feses yang menyebabkan pergerakan usus. Walau tidak diserap oleh tubuh namun serat penting didalam sistem penyerapan serta melindungi kesehatan pencernaan. Diet rendah serat serta tinggi lemak bikin feses padat dan keras hingga sukar untuk dikeluarkan.

Kerap menahan bab
Sebagian orang meremehkan hasrat untuk bab, serta ini bisa mengawali siklus sembelit. Rutinitas ini mesti dihilangkan. Sesudah periode waktu spesifik, hasrat untuk kebelakang dapat menyusut, yang bisa mengakibatkan sembelit progresif. Sebagai perumpamaan, sebagian orang barangkali meremehkan pergi ke toilet dikarenakan mereka repot atau sebagian orang hindari menggunakan toilet umum.

Kurang cairan
Keperluan cairan kita lebih kurang 1, 5-2 liter /hari. Waktu keperluan ini tidak terpenuhi kotoran dapat jadi lebih kering serta padat. Maka minumlah banyak air putih

Kehamilan
Perihal yang dimungkinkan mengakibatkan konstipasi pada wanita hamil contohnya tekanan mekanik pada usus, pergantian hormonal, pergantian diet serta pergantian mengonsumsi cairan.

Masalah emosional contohnya stres
Stres serta sembelit dapat jadi lingkaran setan. Stres bisa mengakibatkan sembelit serta sebaliknya stres dapat menjadi di antara tanda-tanda konstipasi.

Ada ketidaknormalan pada usus.

Ada penyakit spesifik contohnya stroke, wasir, tumor.
Kerap serta teratur minum kopi atau teh  (rwa: http://www.cepat.info)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar