Kacang Buncis

Buncis ( dari bhs Belanda, boontjes, phaseolus vulgaris l. ) adalah sejenis polong-polongan yang bisa dimakan. Buah, biji, serta daunnya digunakan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Buncis kemungkinan berasal dari Amerika Tengah serta Amerika Selatan.

Buncis yaitu sayur yang kaya dengan protein serta vit. ini menolong turunkan tekanan darah dan mengawal metabolisme gula didalam darah serta sangat cocok dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat serta enzim yang tinggi bisa menolong penurunan berat badan.

Kacang buncis tumbuh melilit, memiliki akar tunggang serta segi yang panjang serta membutuhkan tiang untuk memanjat.

Kandungan serta komposisi pada buncis
lignin, enzym protease inhibitor, potassium, fosfor, serat, kalsium, alkaloid, flavonoida, saponin, triterpenoida, steroida, stigmasterin, trigonelin, arginin, asam amino, asparagin, kholina, tanin, fasin ( toksalbumin ), zat pati, vit. serta mineral.

Manfaat
Sebagian manfaat buncis untuk kesehatan:
  1. melancarkan sistem pencernaan, menghindar konstipasi
  2. merangsang sistem kekebalan tubuh dengan alami
  3. menetralkan gula darah
  4. menyembuhkan tukak lambung
  5. menghindar kanker usus besar
  6. mengecilkan efek terkena kanker ganas
Manfaat buncis untuk diabetes
Menurut penelitian buncis memiliki kandungan zat yang diberi nama b-sitosterol serta stigma sterol, yang berperan menambah produksi insulin didalam tubuh. Ke-2 zat tersebut dapat merangsang pankreas menambah produksi insulin.

Insulin yaitu hormon yang dihasilkan dengan alamiah oleh pankreas, tetapi untuk pasien kencing manis, pankreas cuma dapat membuahkan sedikit insulin. Konsumsi buncis mentah-mentah sebagai lalapan, mudah-mudahan pankreas pasien kencing manis bisa membuahkan insulin yang bisa mengontrol kandungan gula didalam darah. (rwa:http://wikipedia.org dan http://manfaat.org)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar