Sendawa dan Tips Menghindarinya

Didalam dunia medis, bersendawa dikenal dengan arti aerophagia. Walau bukan hanya penyakit, bersedawa dapat bikin anda tidak nyaman serta malu. Karenanya butuh diketahui pemicu serta bagaimana langkah menangani masalah ini.

Berikut ini adalah cara-cara simpel yang dapat jadi pilihan anda.

1. diet 
Bersendawa umumnya dikarenakan oleh berlebihan konsumsi makanan yang memiliki kandungan gas layaknya soda, buah mentah, jus buah layaknya jus apel, kacang polong dan sebagainya. Dikarenakan itu, cermati diet anda sepanjang sekian hari untuk mengetahui jenis makanan yang bikin anda bersendawa. Langkah ini dapat menolong anda mendesain diet yang bisa kurangi sendawa.

2. konsumsi udara 
Menelan terlampau banyak hawa melewati mulut adalah di antara pemicu sendawa. Hawa dapat masuk melewati beragam langkah, layaknya waktu merokok, mengunyah permen karet atau makan terlampau cepat.

3. minum susu dingin waktu perut kosong 
Langkah ini amat bermanfaat bila pembentukan gas disebabkan oleh mengonsumsi obat-obat keras. Di segi lain, sendawa juga dapat dikarenakan oleh intoleransi laktosa ( masalah pencernaan sesudah minum susu atau product susu ). Dikarenakan itu, sebaiknya mengamati reaksi tubuh sesudah minum susu serta memastikan pemakaian setelah itu menurut reaksi tubuh.

Janganlah cemas dengan sendawa, ada banyak hal yang dapat dikerjakan untuk menghindarinya.

Langkah hindari sendawa 
  • Jauhi berbaring segera sesudah makan. Tambah baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati berlutut sepanjang 10 menit. langkah ini menolong mencerna makanan dengan tambah baik. disamping itu, yakinkan mengunyah serta makan dengan perlahan untuk menghindar masuknya terlampau banyak hawa. 
  • Mengonsumsi biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe sesudah makan. Langkah ini dapat menolong kurangi gas di lambung serta meredakan problem sendawa, juga dapat meredakan rasa sakit di perut akibat bersendawa. 
  • Coba olahraga simpel yang menolong mengeluarkan hawa dari perut. Berbaringlah didalam posisi terlentang lantas angkat serta tekankan lutut ke dada anda. Ulangilah latihan ini sejumlah 10 kali. Langkah ini dinyatakan dapat bikin anda jadi tambah baik serta memungkinkan hawa keluar dari perut. 
  • Duduk tegak sesudah makan dapat memaksa hawa ke atas hingga gampang dikeluarkan dengan bersendawa. Dalam posisi berbaring akan dapat menahan hawa didalam, bikin anda tidak nyaman. (rwa: http://gerry-tk.blogspot.com)