Pengobatan Sakit Maag

Maag dapat sembuh namun tidak dapat pulih keseluruhan, maag yaitu penyakit yang bisa kambuh jika si pasien tidak makan teratur, terlampau banyak makan, atau karena lain.

Umumnya untuk meredakan atau menyembuhkannya pasien mesti mengonsumsi obat bila dibutuhkan. namun maag bisa di hindari, yakni dengan langkah makan teratur, makan secukupnya, bersihkan tangan sebelum saat makan serta janganlah jajan sembarangan.


Obat-obatan untuk sakit maag biasanya dimakan dua jam sebelum saat makan serta dua jam setelah makan. Adapun dengan tujuan obat dikonsumsi dua jam sebelum saat makan yakni untuk menetralisir asam lambung, dikarenakan pada waktu tersebut penumpukkan asam lambung telah amat banyak serta di dalam lambung pasien tentu sudah berlangsung luka-luka kecil yang jika terkena asam dapat merasa perih.

Obat yang diminum dua jam setelah makan mempunyai tujuan membuat perlindungan dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Selanjutnya dua jam sesudah makan, asam yang di lambung dapat terpakai untuk mencerna makanan hingga telah ternetralisir serta tak lagi melukai dinding lambung.

Obat-obatan yang umumnya dipakai :
  1. antasida ( menetralisir asam lambung serta menyingkirkan rasa nyeri )
  2. pompa proton pencegah perkembangan bakteri( menghentikan produksi asam lambung serta menghalangi infeksi bakteri helicobacter pylori )
  3. agen cytoprotektif ( membuat perlindungan jaringan mukosa lambung serta usus halus )
  4. obat anti sekretorik ( dapat menghimpit sekresi asam )
  5. pankreatin ( menolong pencernaan lemak, karbohidrat, protein serta menangani masalah sakit pencernaan layaknya perut kembung, mual, serta kerap mengeluarkan gas )
  6. ranitidin ( menyembuhkan tukak lambung )
  7. simetidin ( menyembuhkan dispepsia )
Disamping itu penyakit ini diakui mempunyai sebagian type minuman serta makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi yakni :
  1. minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung diantaranya : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, serta susu.
  2. makanan yang amat asam atau pedas layaknya cuka, cabai, serta merica ( makanan yang merangsang perut serta bisa mengakibatkan kerusakan dinding lambung ).
  3. makanan yang sukar dicerna serta bisa memperlambat pengosongan lambung. dikarenakan perihal ini bisa mengakibatkan peningkatan peregangan di lambung yang selanjutnya bisa menambah asam lambung diantaranya makanan berlemak, kue tar, coklat, serta keju.
  4. makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah hingga mengakibatkan cairan lambung bisa naik ke kerongkongan layaknya alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, serta gorengan.
  5. makanan serta minuman yang banyak memiliki kandungan gas serta juga yang terlampau banyak serat, diantaranya :
  • sayur-sayuran spesifik layaknya sawi serta kol
  • buah-buahan spesifik layaknya nangka serta pisang ambon
  • makanan memiliki serat tinggi spesifik layaknya kedondong serta buah yang dikeringkan
  • minuman yang memiliki kandungan banyak gas ( layaknya minuman bersoda ).

disamping itu, aktivitas yang bisa menambah gas di dalam lambung juga mesti dihindari, diantaranya makan permen terutama permen karet dan merokok.  (rwa:http://wikipedia.org)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar