Cara Aman Mengikis Lemak Perut

Banyak orang yang menyebutkan bahwa lemak perut adalah type lemak yang sukar disingkirkan. Terlebih lemak type ini juga sering dimiliki oleh mereka yang sesungguhnya tidak berlebihan berat badan.

tubuh menimpan lemak di dua tempat, yaitu di bawah kulit di bagian pinggul, paha, bokong, serta perut. Ini dinamakan dengan lemak subkutan ( dibawah perut ). Tetapi jauh di bawahnya, di daerah organ vital ( jantung, paru, liver, saluran cerna ), lemak juga ada dan dinamakan dengan lemak visceral. Lemak type ke-2 ini adalah yang sangat beresiko.

Bagaimana terbentuknya lemak visceral ? Saat kita alami kenaikan berat badan, tubuh dapat melacak area untuk menaruh lemak serta memilihnya di daerah sekitar organ, contohnya di dekat jantung atau liver.

Pembentukan lemak di sekitar liver sesungguhnya jarang berlangsung pada orang yang bukan pengonsumsi alkohol, namun dikarenakan jumlah orang yang obesitas makin banyak, maka penyakit pnumpukan lemak di liver makin kerap didapati, kata Carol Shively, PhD, profesor patologi komparatif dari wake forest school of medicine.

Untuk memastikan apakah kita mempunyai berlebihan lemak perut atau tidak, kerjakan pengukuran. baiknya ukuran lingkar pinggang tidak melebihi 90 cm ( untuk pria ), serta optimal 80 cm ( untuk wanita ).

Ada beberapa cara untuk mengikis lemak perut, yaitu:
Olahraga teratur. 
Yang dianjurkan yaitu melakukan olahraga aerobik intensitas tinggi 30 menit tiap-tiap hari empat kali didalam 1 minggu. Olahraga teratur dengan intensitas yang terus ditingkatkan tidak cuma turunkan berat badan namun juga memperlambat pembentukan lemak visceral.

Pengaruran pola makan
Pengaturan pola makan juga harus di perhatikan. Tak ada diet spesial untuk ini, namun bila anda sukses turunkan berat badan dengan metode diet apapun, umumnya lemak perut yaitu sisi pertama yang menyusut.

Konsumsi makanan yang mengandung serat
mengonsumsi semakin banyak makanan yang memiliki kandungan serat. tak hanya itu istirahatlah dengan cukup. penelitian tunjukkan orang yang cuma tidur lima jam atau kurang tiap-tiap malam mempunyai jumlah lemak visceral semakin banyak di banding yang tidur kian lebih enam jam. paling akhir, kendalikan stres. orang yang tengah stres umumnya tidak dapat mengontrol makanan yang diasupnya.