Penyakit Asam Urat

A. Pengertian
Asam urat yaitu sisa metabolisme zat purin yang datang dari makanan yang dikonsumsi. Purin yaitu zat yang ada pada setiap bahan makanan yang datang dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, bila kita makan daging ayam yang ada purin didalamnya, maka purin itu masuk ke didalam tubuh kita. Bukan sekedar daging, sayuran serta buah-buahan juga memiliki kandungan purin.


Bila tubuh didalam situasi normal, asam urat itu dapat dikeluarkan tubuh melewati kotoran atau urin. tetapi dikarenakan ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat maka yang berlangsung yaitu kandungan asam urat didalam tubuh terlalu berlebih. asam urat tadi lantas terkumpul pada persendian hingga mengakibatkan rasa nyeri serta bengkak. Oleh oleh karena itu maka pasien asam urat umumnya sulit berjalan.

B. Penyebab
Asam urat yaitu penyakit yang dikarenakan penumpukan kristal asam urat didalam jaringan ikat, yakni area pada dua tulang atau didalam tulang itu sendiri.

Asam urat dapat mengkristal serta terkumpul di persendian, mengakibatkan inflamasi ( peradangan ) serta pembengkakan yang disebut sinyal tanda serta tanda-tanda klasik asam urat. Arti medis untuk terlampau banyak asam urat di aliran darah yaitu hyperuricemia.

C. Gejala  (Tanda-tanda)
Tanda-tanda umum dari asam urat diantaranya ;
  • kesemutan serta linu, 
  • nyeri pada malam atau pagi hari, 
  • sendi yang terkena asam urat bengkak berwarna kemerahan.
D. Pengobatan 
  • Sebagai jalan keluar yang dapat menghindar atau menyembuhkan asam urat bisa dikerjakan dengan ; lakukan penyembuhan ( untuk yang telah menderita asam urat ), 
  • kontrol makanan yang dikonsumsi sehari-hari, 
  • perbanyak minum air putih. Air putih ini menolong buang purin didalam tubuh. 

Makanan yang memiliki kandungan banyak purin serta baiknya dihindari diantaranya ; jeroan, hati, ginjal, limpa, babgat, usus, paru serta otak, udang, kerang, cumi, kepiting, kornet, sarden, daging, telur, kuah kental, tempe, oncom, susu kedelai, bayam, kangkung, daun singkong, serta kembang kol. Tak hanya itu minuman mengandung alkohol juga yang sebaiknya dihindari. (rwa: http://detik.com)