Tips Mengatasi Nyeri Saat Haid (Menstruasi)

Nyeri haid (dismenorrhea) yaitu rasa nyeri/sakit yang timbul pada saat akan haid atau sepanjang haid (menstruasi ), dengan tanda-tanda layaknya mulas pada perut bagian bawah sampai ke pinggang serta paha.

Pemicu nyeri haid salah satunya, lantaran lebih dari satu penyakit (layaknya radang panggul), stres, endometriosis, tumor atau kelainan letak uterus. Namun pemicu nyeri haid yang sangat kerap, dianggap lantaran terjadinya ketidakseimbangan hormonal serta tak ada jalinan dengan organ reproduksi.

Layaknya yang telah disinggung di atas, tanda-tanda nyeri haid, ditandai dengan nyeri pada perut bagian bawah, yang dapat menjalar ke punggung bagian bawah serta tungkai. Nyeri dirasakan jadi kram yang hilang-timbul.

Umumnya nyeri mulai timbul sesaat sebelum saat atau sepanjang menstruasi, meraih puncaknya kurun waktu 24 jam serta sesudah 2 hari akan menghilang. Nyeri haid juga kerap dibarengi oleh sakit kepala, sembelit, mual, atau diare serta kerap berkemih. Terkadang sampai terjadi muntah.

Buat mengobati nyeri haid, di bawah ini disajikan obat tradisional untuk nyeri haid :
Bahan:
  1. bubuk kulit kayu manis (0,5 - 2,5 gram)
  2. air panas (1/2 gelas)

Penggunaan:
  1. Seduh bubuk kayu manis memakai air panas
  2. Minum ramuan ini 2 kali 1 hari dengan dosis yang sama.

Semoga obat nyeri haid di atas berguna untuk beberapa wanita yang mengalai nyeri waktu menstruasi. (rwa: http://gerry-tk.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar